Bassang, Makanan Khas Sulawesi Selatan Dikukuhkan Sebagai Kuliner Khas Maros

VISITmaros.com – Tahu Bassang? atau pernah makan Bassang? jika anda yang belum tahu jenis makanan ini, mungkin perlu mencobanya. Bassang merupakan makanan kuliner khas berbahan dasar jagung yang direbus kemudian diberi kuah dari santan dan tepung, serta diberi gula pasir sebagai pemanis.

Bassang merupakan salah satu jenis kuliner khas Sulawesi Selatan yang banyak dijual dan mudah ditemukan dimana saja. Jenis makanan ini bisa dengan mudahnya ditemukan di Kota Makassar, Maros, Pangkep, dan berbagai daerah lainnya di Sulawesi Selatan.

Keberadaan Bassang sebagai salah satu kuliner khas di Sulawesi Selatan, secara resmi dikukuhkan sebagai makanan kuliner khas Kabupaten Maros, Senin (12/11/2018) di Lapangan Pallantikan. Proses pengukuhan ditandatangani langsung Bupati Maros Ir. HM. Hatta Rahman, MM, disaksikan Wakil Bupati Maros, Drs. H Andi Harmil Mattotorang, Kepala SKPD dan pimpinan unsur Forkopimda Kabupaten Maros.

Foto : Bupati Maros Ir. HM. Hatta Rahman, MM, saat menandatangi pengukuhan Bassang sebagai kuliner khas Maros

pengukuhan Bassang sebagai kuliner khas Kabupaten Maros ini, dilakukan setelah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Maros melakukan riset. Hasil riset menemukan bahwa mayoritas atau kebanyakan penjual Bassang adalah orang Maros. Berdasarkan hasil riset inilah yang kemudian Bassang dikukuhkan sebagai kuliner khas Maros.

Foto : Bupati Maros Ir. HM. Hatta Rahman, MM, makan Bassang bersama dengan pimpinan unsur Forkopimda usai melakukan pengukuhan Bassang

“Hasil riset menunjukkan sebagian besar penjual Bassang yang ada di Kota Makassar, Maros, Pangkep dan berbagai daerah lainnya adalah orang Maros. Dari hasil riset inilah Bassang kita kukuhkan sebagai kuliner khas Maros” sebut Andi Rosman, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Maros.

Andi Rosman menjelaskan saat ini pihaknya membina 20 UKM yang secara khusus menjual Bassang. Pembinaan secara khusus dilakukan pada peningkatan kualitas dan variasi Bassang agar semakin baik dan diminati masyarakat luas.

Foto : ASN Pemkab Maros makan Bassang gratis

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *