Museum Daerah Kabupaten Maros Akan Terus Menambah Koleksi Museum

VISITmaros.com – Museum Daerah Kabupaten Maros terus melakukan pembenahan. Sejak sejak keberadaannya ditahun 2016 dan mulai mengoleksi benda peninggalan budaya berupa koleksi peninggalan Arkeologi pada tahun 2017, kini terus menambah koleksi museumnya.

“Koleksi peninggalan Arkeologi yang kita miliki sudah terdapat berbagai item, seperti koleksi Teknologi Peralatan Rumah Tangga Masyarakat Tradisional dan sejumlah koleksi lainnya”, sebut Burhan Jaya, Kepala Seksi Cagar Budaya dan Museum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Maros.

Burhan Jaya menjelaskan untuk koleksi museum, pihaknya akan menambah koleksi dengan alat musik Kecapi buatan seniman Maros yang sudah terkenal hingga Mancanegara.

“Penambahan koleksi akan terus kita lakukan, bukan cuma kecapi saja, tapi terus mengupayakan agar museum kita memiliki banyak koleksi benda peninggalan budaya”, sebutnya.

Meski demikian, dalam melakukan upaya tersebut, Burhan mengakui tidaklah mudah. Sebab beberapa kendala dihadapi pengelola dalam mengumpulkan koleksi, khususnya menyangkut kurangnya pemahaman dari kolektor untuk bekerjasama dengan pihak museum dalam menyerahkan koleksinya.

“Padahal di Museum, benda peninggalan akan lebih terjaga dan dilestarikan untuk tujuan pendidikan, serta penelitian bagi kepentingan masyarakat. Ini yang terkadang tidak pahami sebagian kolektor”, tambahnya.

Selain itu, Museum Daerah Kabupaten Maros juga akan melakukan program mengajak siswa bermain sambil belajar di Museum, dengan suasana yang lebih santai namun bermanfaat banyak dalam mengenalkan warisan budaya lokal bagi anak-anak jaman sekarang.

Foto : Pengelola Museum Daerah Kabupaten Maros Bersama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Maros

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *